Udang Asam Pedas yang juara nikmatnya

Udang adalah salah satu makanan yang berasal dari laut yang dapat di olah menjadi berbagai jenis makanan, karena itu udang di pilih menjadi salah satu resep yang akan juragan resep bagikan kepada pesan snack box takjil bunda. Sebelum masuk ada beberapa tips dalam memilih udang yang baik :

  1. Udang yang segar tidak berbau busuk
  2. Jangan gunakan udang yang sudah berlendir
  3. Udang yang segar berwarna kehitam cerah, hindari penggunaan udang yang sudah berubah kekuningan, kemerahan atau biru
  4. Udang yang baik terlihat keras dan utuh

Setelah memilih udang yang segar, kita akan membuat Udang Asam Pedas yang juara nikmatnya. Berikut adalah bahan bahan yang perlu bunda persiapkan :

1 1/5 kg udang besar (sebanyak 30 Ekor)

150 gram cabai merah yang sudah di haluskan

10 butir bawang merah yang sudah di iris tipis

2 buah tomat yang sudah di potong-potong

6 sendok makan air jeruk nipis

½ sendok makan garam

Minyak goreng

Sudah siap semua bunda? Selanjutnya kita langsung akan mengolah bahan diatas menjadi Udang Asam pedas yang juara nikmatnya :

  • Cuci udang, buang kepalanya. Kerat bagian punggung, kalau kulitnya kerat dapat menggunakan gunting. Buang kotoran berwarna hitam pada bagian punggung udang.
  • Goreng udang hingga matang, lalu tiriskan
  • Tumis bawang merah hingga harum, masukkan cabai dan tomat, aduk hingga matang dan air tomat habis.
  • Tambahkan air jeruk nipis, garam, masukkan udang, aduk hingga rata dan angkat dari api
  • Siapkan piring untuk penyajian dan sajikan. Siap dinikmati

Nikmati Udang Asam pedas bersama keluarga di rumah, dan nikmati dengan sepiring nasi panas. Selain menikmati Udang Asam Pedas yang juara nikmatnya anda juga dapat menikmati kebersamaan bersama keluarga anda.

Ternyata pintar masak tidak hanya dapat dinikmati oleh lidah, tetapi dapat menyatukan orang orang yang kita sayang, sehingga kitapun semakin puas dengan apa yang sudah kita masak.

Selamat mencoba bunda, semoga berhasil dengan resepnya.

Rendang yang lezat

Halo bunda semua menyambut bulan ramadhan yang suci ini dan segera nya hari raya idul fitri biasanya identik dengan menu opor ayam, rendang, dan menu lainnya. Maka dari itu kali ini penulis mencoba membuat resep daging rendang yang lezat dan penuh cita rasa. Kebetulan ibu saya sering membuatnya sendiri dirumah jadi saya bisa mendapatkan resep rendang favorit ibu saya. Kalau bunda semua penasaran seperti apa Pesan Nasi Tumpeng rasanya bisa mencoba resep yang satu ini loh bunda. Simak ya bunda resep nya..

Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat rendang lezat :

  1. 1 kg daging sapi bagian lulur atau has
  2. 20 butir bawang merah
  3. 10 siung bawang putih
  4. 150 gram cabe merah
  5. 50 gram jahe
  6. 10 helai daun cengkeh
  7. 60 gram kunyit
  8. 300 gram kemiri
  9. 5 helai daun salam
  10. 2 liter santan kental
  11. 2 liter santan encer

Cara membuat rendang yang lezat :

  1. Daging sapi di potong menjadi beberapa bagian kurang lebih ukuran 5 – 6 cm, lalu rebuslah setengah matang dan angkat
  2. Bawang merah, bawang putih, dikupas, lalu ditumbuk bersama – sama cabe merah, kunyit dan kemiri, setelah itu tumislah. Sebentar sampai tercium bau harum dan angkat
  3. Daging sapi direbus kembali dengan santen encer bersama – sama dengan bumbu tadi, masukkan juga daun cengkeh, daun salam, jahe dan sereh (jahe dan sereh sebelumnya harap di getok dahulu)
  4. Setelah hasil bumbu direbus sampai santan encernya mengering, rebuslah kembali dengan santan kentalnya, juga sampai mengering. Angkat sambil diaduk aduk sekali kali.

Tips memasak rendang yang lezat :

Apabila bunda membuat rendang ingin berbumbu banyak campurkanlah kacang merah yang di rebuss sampai hancur bersama sama dengan bumbu yang telah di siapkan.

Mudah kan cara membuat rendang ini, ternyata tidak sesulit yang dibayangkan untuk membuat rendang lezat a la restoran. Selamat mencoba

Sup ender telur kocok

Hallo bunda semua, kali ini saya akan memberikan resep  yang sangat mudah untuk dimasak nih. Praktis sekali sehingga cocok untuk saur maupun untuk buka puasa. Biasanya kalau memasuki waktu sahur yang hanya sebentar kita selalu memilih masakan Nasi Tumpeng Hias yang mudah untuk dibuatnya yah bunda. Nah, sayur ini juga mengandung banyak protein untuk menambah stamina kita disaat puasa.

Sup ini adalah sup ender telur kocok. Ada yang pernah dengar nama daun ender? Daun ender dengan nama lain daun adas sowa mengandung banyak manfaat loh untuk tubuh kita karena mengandung senyawa monoterpenes, flavanoid, mineral, dan asam amino yang bisa menyehatkan pencernaan. Selain itu, minyak esensialnya juga bisa menenangkan pikiran dan membuat kita terhindar dari insomnia. Sementara, aroma khasnya bisa jadi pengharum napas alami. Daun adas sowa atau daun ender berkhasiat untuk penekan batuk, ekspektoran, anti mual, nyeri dada, perut, lambung, kembung. Dimasak sebagai sayuran pada waktu makan besar.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat sup ender telur kocok :

  1. 2 liter kaldu ayam
  2. 2 – 3 ikat kecil daun ender
  3. 3 butir telur ayam
  4. Garam secukupnya
  5. Lada secukupnya
  6. 10 cc minyak wijen

Cara membuat sup ender telur kocok yang nikmat :

  1. Cuci bersih daun ender, buang sedikit tangkainya
  2. Buat kaldu ayam dengan cara : didihkan 2 liter air, kemudian masukkan tulang – tulang ayam tunggu sampai kurang lebih 90 menit, kemudian di angkat dan di saring
  3. Ketiga butir telur di pecah kemudian di kocok sebentar
  4. Panaskan kembali kaldu ayam, masukan daun – daun ender yang telah disiapkan sampai sedikit layu, tuangkan telur kocok sedikit demi sedikit, tambahkan garam, lada, dan penyedap masakan secukupnya juga bubuhkan minyak wijen agar aroma sedapnya semakin berasa.

Tips memasak sup ender telur kocok :

Sup ender telur kocok ini termasuk jenis sup sederhana dan penuh protein, membuatnya juga mudah sekali. Pokok utama adalah setelah bunda menuangkan telur ke dalam sup jangan terlalu di aduk aduk begitu juga daun endernya jangan terlalu matang.

Ngopi di tengah hutan

Hasil gambar untuk Ngopi di tengah hutan

Halo semua, kali ini mimin balik lagi nih. Dan lagi lagi mimin membahas mengenai tempat yang enak untuk nongkrong di Bandung. Armor Kopi namanya.  Tempat yang satu ini terletak di Jl. Bukit Pakar Utara No. 10, Dago Pakar, Bandung. Kopi di tengah hutan yang rimbun dan menyatu dengan alam ini lain dari biasanya nih. Jalan menuju armor kopi ini agak tricky karena jalannya tidak terlalu besar dan lumayan susah kalau kalian berpapasan dengan mobil lain. Tapi begitu sampai disana tempat ini terbayarkan dengan susahnya jalan yang ditempuh.

Suasana begitu kita sampai kesini adalah tempatnya yang sangat adem dan enak banget untuk meminum kopi di alam terbuka seperti ini. Menu yang ditawarkan juga sangat familiar dengan kita. Selain menjual kopi dengan berbagai macam pilihan, armor kopi juga menjual kudapan – kudapan yang menggoda nih. Ada cireng bumbu rujak yang enak banget, pisang goreng keju, bala – bala atau bakwan yang biasanya kita kenal. Harga nya juga sangat ramah dengan kantong kita nih. Murah meriah namun enak dan puas deh berlama lama disini karena tempatnya beneran enak untuk ngorbol berlama lama disana.

Selain  pesan snack takjil  minuman kopi, kita juga memesan teh loh. Waktu itu saya memesan kopi, teh, pisang goreng keju, cireng bumbu rujak, dan bala – bala. Waah kayanya hampir semuanya saya cicipi yah hehe tapi rasanya yang tidak mengecewakan dan tempat yang menyatu dengan alam ditemani dengan angin yang bersemilir membuat kita sulit untuk beranjak dari sana. Sekarang armor kopi juga difasilitasi degan lahan parkir yang lumayan besar, jadi kalian gak perlu kesulitan untuk hal ini. Dan juga terakhir saya kesana, sudah banyak sekali menu – menu baru. Dan pelayan  disini juga sangat ramah ramah semua loh. Ketika menu sudah disiap mereka akan memanggil nama kalian dengan berteriak dengan logat sunda yang kadang menghibur pengunjung disana. Sangat di sarankan kesana pada sore hari menuju malam atau pagi hari.

Kue Lapis Terigu yang Enak

Hasil gambar untuk Kue Lapis Terigu yang Enak

Bunda sudah pernah makan kue lapis terigu? Atau malah bunda pernag membuatnya? Kue Lapis Terigu adalah kue tradisional seperti kue pepe,, kue kelepon, kue ku, kue lumpur dan kue lainnya. Memang Pesan Snack Box Jakarta Selatan Kue Lapis terigu tidak banyak di kenal dan tidak banyak di jual di toko toko, tapi untuk kamu yang suka dengan kue yang satu ini dari pada bingung bingung nyari di mana yuk mending kita buat aja

Resep Kue Lapis terigu yang enak adalah salah satu resep tradisional, selain rasanya yang enak, tampilan yang menarik membuat orang ingin mencobanya. Selain karena kita suka membuat kue Lapis Terigu adalah cara memjaga budaya kuliner asli kita supaya tidak tergeerus oleh kue kue yang modern

Oke,kita langsung aja buat, berikut bahan bahannya :

250 gram terigu

100 gram / 1 Bungkus tepung hunkue putih

200 gram gula pasir

500 cc santan kental (Dari 2 butir kelapa)

Vanili secukupnya

Garam secukupnya

Sumba warna merah dan hijau

Setelah seluruh bahan sudah bunda siapkan, ikuti langkah langkah berikut ya untuk membuatnya :

–              Uleni tepung terigu, tepung hunkue, dan gula pasir dengan santan kental sampai gula hancur.

–              Masukkan santan mendidih, vanili dan garam kedalamnya, aduk. Selanjutnya bagi adonan menjadi 3 bagian. Sebagian biarkan berwarna putih, sebagia dicampur dengan sumba warna merah dan sebagian lagi di beri sumba warna hijau.

–              Olesi loyang dengan minyak. Tuang ke dalamnya 50 cc adonan berwarna putih, lalu kukus selama 5 menit. Diatasnya tuangkan lagi adonan berwarna merah. Kukus lagi selama 5 menit, teruskan melapis adonan hingg adonan habiiis kemudian kukuslah kue selama 30 menit.

–              Setelah kue matang, angkat dan biairkan dahulu sampai dingin.

–              Potong potong kue sebelum di hidangkan

Resep diatas untuk 30 potong kue lapis terigu.

Gimana menurut bunda, mudah kan? Jadi yuk mulai sajikan kue kue tradisional kepada anak anak kita, agar kue Asli Indonesia tetap jaya hingga akhir hayat.

Sselamat mencoba Bunda

Kue Mangkok Mahkota yang Legit


Kue yang menyerupai mahkota ini adalah salah satu kue kreasi kue mangkuk khas nusantara. Kue mangkuk dibuat dari adonan tepung beras ini Pesan Nasi Tumpeng sangatlah lezat, untuk bunda yang menyukai kue tradisional, kue mangkuk mahkota ini bisa menjadi refrensi bunda untuk menyajikan kue untuk berbuka puasa di rumah.

Juragan resep kali ini akan membagikan resep Kue tradisional yang mungkin saat ini sudah kian langka, karena tergerus waktu. Karena itu juragan mengajak bunda untuk tetap menjaga kue tradisional kita agar tetap diketahui oleh anak cucu kita.

Berikut adalah bahan yang di perlukan :

350 gram tepung beras

Air secukupnya

150 gram teping terigu

75 gram gula pasir

200 cc air mendidik

200 gra tape singkong

375 gram gula jawa yang sudah di serut

1 sendok teh vanili

250 cc air soda

Adonan Santan :

Campur menjadi satu bahan bahan berikut,

100 gram tepung beras

25 gram tepung kanji

400 cc santan dari 1 butir kelapa

1 sendok teh garam

Dan berikut cara membuatnya :

  • Sebelum membuat adonan, olesi mangkuk cetakan yang bergaris tengah 5 ½ cm (Lihat gambar) dengan minyak goreng. Taruh adlam dandang yang telah dididihkan airnya suapay cetakan menjadi panas.
  • Taruh teping beras diatas timbangan lalu perccikkan air secukupnya sehingga berat menjadi 500 gram lalu sisihkan.
  • Di Sebuah mangkuk, campur tepung terigu dengan gua pasir dan air mendidih lalu aduk sampai gula larut. Sisihkan.
  • Ambil wadah yang agak besar untuk mengaduk tape singkong dan gula jawa. Setelah tercampur, masukkan tepung beras dan adonan tepung terigu, tambahkan soda kue dan vanili lalu uleni sampai rata semuanya. Terakhir tuangkan air soda kedalamnya sedikit demi sedikit sambi adona diaduk sampai licin.
  • Isikan adonan ini ke dalam cetakan yang telah dipanaskan sampai 2/3 penuh, kukus dengan api besar selama 15 sampai 20 menit sampai kue merekah. Buka tutup kukusan, tuang adonan santan kedalam mangkuk lalu kukus kembali sampai kue matang dan santan mengeras.

Resep yang tadi kita buat bisa untuk 18 samapi 20 potong.

Selamat mencoba di rumah bunda.